Langsung ke konten utama

belajar motorik dan belajar , tahap motorik


Nama : Teguh A Igemari
Nim : 1706104020023
Mata Kuliah : Belajar Motorik
Bentuk Ujian : Takehome

1.menurut saya,belajar motorik penting di pelajari karena Belajar motorik adalah suatu proses perubahan merespons yang relative permanen sebagai akibat dari latihan dan pengalaman

Belajar motorik
-hasil belajar/ kemampuan merespon dalam bentuk gerak.
-perubahan reltif permanen
-perubahan akibat pengalaman dan latihan
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengerti an belajar motorik adalah proses perubahan individu baik berupa perilaku gerak maupun respon yang relatif permanen sebagai akibat dari latihan dan pengalaman.
2.perbedaan pada belajar dan belajar motorik
-Belajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman
-Belajaradalahsuatuaktifitas yang ditunjukkanolehperubahantingkahlakusebagaihasildaripengalaman.
-Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan. Sedangkan
Belajar motorik
Pengertian motorik
Motorik adalah keseluruhan proses yang terjadi pada tubuh manusia, yang meliputi proses pengendalian (koordinasi) dan proses pengaturan (kondisi fisik) yang dipengaruhi oleh faktor fisiologi dan faktor psikis untuk mendapatkan suatu gerakan yang baik.
Motorik berfungsi sebagai motor penggerak yang terdapat didalam tubuh manusia. Motorik dan gerak tidaklah sama, namun tetapi berhubungan
Definisi lain menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan motorik ialah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh.Dalam perkembangan motorik,unsur-unsur yang menentukan adalah :
2.Saraf,dan
3. Otak.

            Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya sedangkan
Belajarmotorik adalah suatu proses terjadinyaperubahan yang 
bersifatrelatifpermanendalamperilakumotoriksebagaiakibatdari
latihandanpengalamandanbukanakibatdarisuatuperkembangan.

3.Tahapan belajar motorik
a.tahap kognitif
pada tahap ini pelaku mulai berfikir cara melakukan sesuatu keterampilan (pembentukan motor plan) lebih banyak memikirkan gerak mana yang dilakukan dari pada bagaimana cara melakukanya,analis yang sangat dominan dalam penerimaan informasi adalah mata,hindari pemberian informasi yang terlalu banyak yang bersamaan
b.tahap asosiatif
Pada tahap ini siswa mulai mempraktikkan gerak sesuai dengan konsep yang mereka ketahui (tahap latihan),terjadinya peningkatan penguasaan koordinasi pemahaman telah terpecahkan dan pergerakan masih kasar minsal pada lompat jauh lama-lama seorang siswa bisa melakukan gerakan pada saat melakukan lompat kaki tidak pas sedangkan cara yang dilakukan sudah benar
-Pada tahap ini mengutamakan latihan
-Latihan untuk perbaikan gerakan sesuai dengan ketentuan
-Latihan berulang-ulang untuk memperkuat stimulus dan respons
-Pada tahap ini sudah mulai mampu melakukan gerakan dan menyesuaikan diri dengan gerak yang dilakukan
-Gerakan yang dilakukan sudah mulai konsisten tetapi masih belum otomatis
c.tahapan otonom
tahap ini dicapai dengan cara berulang-ulang minsalnya seperti seseorang yang melakukan jalan secara berulang-ulang gerak inii tidak sama dengan gerakan efesien (gerakan yang mengeluarkan energi),gerakan salah bisa menjadi gerakan otomatis,seperti leonel messi yang melakukan akurasi tendangan kearah gawang lawan dengan menendang asal-asal bisa menjadi gerakan otomatis kearah gawang dan menciptakan gol (point)
-Pada tahap ini gerakan yang dilakukan tidak lagi memerlukan konsesntrasi penuh, gerakan yang dilakukan hampir tidak terpengaruh oleh kegiatan lain yang simultan
-Gerakan dilakukan secara otomatis
-Untuk mencapai ini dilakukan latihan secara terus menerus dalam waktu yang lama.
4.faktor yang mempengaruhi hasil belajar motorik
a.faktor internal (dalam)
faktor yang berasal dari dalam individu yang dapat mempengaruhi hasil belajar meliputi fsikologis (kondisi fisik) dan motivasi,minat,bakat,kemauan,kecerdasan.
Faktor internal adalah potensi dasar yang dimiliki seseorang semenjak ia lahir sebagai modal dasar Sumber Daya Manusia (SDM) . Setiap manusia lahir ke dunia ini telah dilengkapi oleh Allah SWT . Dengan beberapa potensi dasar sebagai modal dasar SDM untuk menjalani kehidupan didunia, yaitupotensi spiritual,emosional,intelektual dan biologis
b.faktor eksternal (luar)
adalah faktor yang asalnya dari luar diri seseorang atau indvidu. Faktor ini meliputi lingkungan di sekitar termasuk orang-orang terdekat.
Terkait faktor internal, umumnya sifat dan sikap yang menimbulkan permasalahan sosial adalah sifat/sikap seperti malas bekerja, tidak memiliki kepedulian dan empati, tidak mengindahkan peraturan, mudah menyerah dan lain sebagainya.
Adapun faktor eksternal yang menjadi pemicu munculnya permasalahan sosial adalah faktor alam, faktor kependudukan, faktor lokasi, faktor ekonomi, faktor lingkungan, dan juga faktor sosial.
5.Pemprosesan informasi dalam belajar motorik
a.pemrograman sebagai aksi dalam respon yang dilakukan dari sistem motorik sebbagai jawaban yang di munculkan oleh karena itu respon respon mempertimbangkan dalam bentuk stimulus yang telah didefenisikan pada tahap sebelumnya.
b.identifikasi stimulus sebagai keptusan merupakan tahap pengindraan yang menganalisis informasi dari sumber seperti pendengaran,penciuman,sentuhan,pandangan,dan sebagainya.
c.seleksi respon sebagai keputusan pada tahap ini respon akan dilakukan terhadap berbagai kemungkinan respon yang harus diberikan terhadap suatu seleksi respon yang disesuaikan dengan lingkungan.
 6.Transfer keterampilanatau yang sering di sebut transfer of learning adalahkesanggupanuntukmengunakankemampuaan yang telahdimilikiuntukmengerjakantugas-tugasbaru.
1.Contoh Transfer positif :Kemampuanbermainsepak bola dapatditranferuntukbermainsepakbola, kemampuanbermaintenislapangandapat di transfer untuklatihanbulutangkis.
2.ContohTranferNegatif :Kemampuanbermainbolalapanganterjadi transfer negative apabiladigunakanuntukbelajarsepak bolalapangan.
7.perbedaan gerak dan motorik
a.gerak adalah perubahan tempat(posisi)atau kedudukan dari suatu tempat awalnya ,dikatakan seseorang itu bergerakjika berpindah dari titik awalnya bergerak,sedangkan
b.motorik adalah proses yang terjadi pada tubuh manusia dari proses pengendalian kondisi fisik sesorang yang dipengaruhi oleh faktor fisiologi dan faktor fsikis untuk mendapatkan suatu gerak yang baik.
Perbedaanantaragerakdanmotorikterlepakpadafungsinya.Motorikbergunasebagaipengerak yang terletak di dalamtubuhmanusia.
8.Menurut saya umpan balik sangat penting dalam proses belajar mengajar motorik karena Melaluiumpanbalik, seorangsiswadapatmengetahuisejauhmanabahan yang telah di ajarkandapatdikuasainya. Denganumpanbalikitu pula siswadapatmengoreksikemampuandirisendiri,Seperti:
-Siswaterangsanguntuklebihgiatbelajarkarenapekerjaannyadihargai
-Setelahsiswamendapaat saran ataukomentar, parasiswapahamakankekuranganpadapekerjaannyadansegeraberkeinginanmemperbaikinya
9.Dengan adanya umpan balik seorang guru mampu mengetahui pengetahuan hasil dan pengetahuan perfoma seorang siswa sejauh mana kemampuan siswa dalam pelajaran yang telah di ajarkan oleh guru sersebut.contohnya :
a. padasaat guru memberikanhasiltugasnyakepadasiswamakaotomatissiswatersebutakantermotivasi / penasarandenganjawabannya yang salahmakadarisitulahsiswaakanterusbelajardanbelajar.
b. Guru segeradapatmelihatkekuranganperencanaan program danpelaksanaanpembelajarandirinyadanberusahameningkatkankemampuannya.
10.contoh umpan balik sifat korektif dan penguatan.
a.contoh umpan balik  yang sifatnya korektif  adalah seorang guru memberikan koreksi terhadap tugas siswa yang mengerjakan tugas tidak sesuai dengan yang di harapkan kemudian sang guru mengoreksi tugas siswa tersebut agar sesuai dengan yang di harapkan.
b. umpan balik yang sifatnya penguatan adalah seorang guru mendekat kepada siswa untuk menyatakan perhatian dan kesenanganya terhadap tingkah laku, pekerjan, dan  penampilan siswa ,guru berjalan menuju ke arah siswa caranya dengan berdiri atau duduk di sampingnya agar mental siswa itu tidak down.
11.drill dalam olahraga
   Dril merupakansuatucaramengajardenganmemberikanlatihan-latihanterhadapapa yang telahdipelajarisiswasehinggamemperolehsuatuketerampilantertentu. Kata latihanmengandungartibahwasesuatuituselaludiulang-ulang, akantetapibagaimanapunjugaantarasituasibelajar yang pertamadengansituasibelajar yang realistis, iaakanberusahamelatihketerampilannya
Tujuannya:
Metode Drill biasanya digunakan untuk tujuan agar siswa :
-Memiliki kemampuan motoris/gerak, seperti menghafalakan kata-kata, menulis, mempergunakan alat.
-Mengembangkan kecakapan intelek, seperti mengalikan, membagi, menjumlahkan.
-Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaan dengan yang lain.

12.Menurut saya semakin sering seorang atlet itu berlatih maka akan mendapatkan tahap otonom(otomatis) contohnnya seperti pemain sepak bola dunia leo messi yang menedang bolake arah gawang dengan tendangan tidak terarah kemudian menjadi gerakan/tendangan otonom yang menghasilkan gol ,Semakinseringatletituberlatih / mengulang – ulanggerakanmakaotomatisketerampilangerakanatletitusemakinsempurna.
13.Yangsayaketahuitentangteori Gestalt adalahanakdipandangsuatukeseluruhan, yaknisuatuorganisme yang dinamis, yang senantiadalamkeadaanberinteraksidenganduniasekitarnyauntukmencapaitujuan – tujuannya. ( siswa )merupakanmakhluk yang aktifbukanpasif.
14.Apa yang di maksud dengan :
a.Keterampilan adalah suatu kemampuan untuk mengunakan akal, fikiran, ide dan kereatifitas dalam mengerjakan, mengubah maupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.
b.Keterampilanmotorikadalahkemampuanseseoranguntukmelakukangerakanberkoordinasimengunakankombinasiberbagaitindakanotot.
c.Gerakdasar fundamental adalahgerakan – gerakandasar yang berkembangnyaterjadisejalandenganpertumbuhantubuhdantingkatkematanganpadaanak – anak.
d. Kemampuanmotorikadalahsebangaikapasitasdariseseorang yang berkaitandenganpelaksanaandanperangansuatuketerampilan yang relatifmelekatsetelahmasakanak – kanak.
e.Keterampilanmotoriktertutup ( closed skills ) adalahdilakukandalamkondisilingkungan yang tidakberubah – ubah. Contohnyasepertiketerampilan – keterampilan yang menjadi cirri olahragabowling,golf, panahan, senamataurenang.
Keterampilanmotorikterbuka( opened skills ) adalahdilakukandalamkondisilingkungan yang berubah – ubahdansulitdiperediksi. Contohnyapukulan – pukulanpada stroke tenisataupukulanpada softball yang kedatanganbolanyadarilawanseringtidak bias didugasebelumnya, baikdalamhalkecepatanmaupundalamhalarahnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA HOCKEY

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA HOCKEY A. Peraturan Permainan Hockey Olahraga Hoki adalah permainan yang dipertandingkan oleh 2 (dua) regu, yang terdiri atas 11 orang dari masing-masing regu. Peraturan Umum dari permainan Hoki adalah sebagai berikut : Seorang pemain dilarang untuk : v   Mengangkat stick di atas pundaknya bilamana dapat membahayakan. v   Melakukan permainan yang dapat membahayakan. v   Memukul bola ke udara. v   Menendang atau menahan bola dengan kaki (kecuali penjaga gawang sesuai peraturan). v   Memukul, menggigit atau menahan stick lawan v   Menghalangi lawan dengan badan atau stick, mendorong, menahan atau menjatuhkan serta menyandung lawannya. Seorang pemain diperbolehkan untuk : ü   Menahan bola dengan tangan (sesuai peraturan yang berlaku), sepanjang bola tersebut jatuh dengan segera, jadi bukan menangkap bola melainkan menahan bola dengan telapan tangan yang terbuka. ü   Di dalam D (Striking circle) hanya penjaga gawang di

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) PENDIDIKAN JASMANI SEMESTER 3 UNSYIAH

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan Rahmat dan karunia – Nya sehingga penulis dapat merampungkan makalah bertajuk “ Strategi Belajar Mengajar” yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “Strategi Pembelajaran”. Adapun maksud dan tujuan pembuatan dari makalah ini, untuk membantu para mahasiswa, khususnya yang sedang belajar Strategi Pembelajaranguna memahami definisi keberhasilan sebuah pembelajaran dalam berbagai indikator, penilaian, tingkat, dan program perbaikan sebuah strategi, serta mengetahui berbagai macam faktor yang memepengaruhi proses belajar mengajar. Sebagai penulis, kami menyadari bahwa tidak ada kesempurnaan dalam segala hal, termasuk makalah ini. Atas dasar tersebut penulis sangat menerima kritik dan saran membangun untuk perbaikan makalah ini kedepannya bila diperlukan. Ucapan terimakasih secara khusus penulis haturkan kepada tim penulis, yang telah bekerja sama dalam proses pembuatan makalah ini, d