Nama :
Teguh A Igemari
Nim :
1706104020023
Mata
Kuliah : Belajar Motorik
Bentuk
Ujian : Takehome
1.menurut saya,belajar motorik penting di pelajari
karena Belajar motorik adalah suatu proses perubahan merespons yang relative permanen sebagai akibat dari latihan dan pengalaman
Belajar motorik
-hasil belajar/ kemampuan merespon dalam bentuk
gerak.
-perubahan reltif permanen
-perubahan akibat pengalaman dan latihan
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa
pengerti an belajar motorik adalah proses perubahan individu baik berupa
perilaku gerak maupun respon yang relatif permanen sebagai akibat dari latihan
dan pengalaman.
2.perbedaan pada belajar
dan belajar motorik
-Belajar adalah Proses dimana tingkah laku
ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman
-Belajaradalahsuatuaktifitas
yang ditunjukkanolehperubahantingkahlakusebagaihasildaripengalaman.
-Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui
praktek atau latihan. Sedangkan
Belajar motorik
Pengertian motorik
Motorik adalah keseluruhan proses yang terjadi pada tubuh manusia, yang
meliputi proses pengendalian (koordinasi)
dan proses pengaturan (kondisi fisik)
yang dipengaruhi oleh faktor fisiologi dan faktor psikis untuk mendapatkan
suatu gerakan yang baik.
Motorik berfungsi sebagai motor penggerak yang terdapat didalam tubuh
manusia. Motorik dan gerak tidaklah sama, namun tetapi berhubungan
Definisi lain menyebutkan bahwa yang dimaksud
dengan motorik ialah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan
tubuh.Dalam perkembangan motorik,unsur-unsur yang menentukan adalah :
2.Saraf,dan
3. Otak.
Belajar adalah suatu
proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya sedangkan
Belajarmotorik adalah suatu
proses terjadinyaperubahan yang
bersifatrelatifpermanendalamperilakumotoriksebagaiakibatdari
latihandanpengalamandanbukanakibatdarisuatuperkembangan.
3.Tahapan belajar motorik
a.tahap kognitif
pada tahap ini pelaku mulai berfikir cara melakukan sesuatu keterampilan
(pembentukan motor plan) lebih banyak memikirkan gerak mana yang dilakukan dari
pada bagaimana cara melakukanya,analis yang sangat dominan dalam penerimaan
informasi adalah mata,hindari pemberian informasi yang terlalu banyak yang
bersamaan
b.tahap asosiatif
Pada tahap ini siswa mulai mempraktikkan gerak sesuai dengan konsep yang
mereka ketahui (tahap latihan),terjadinya peningkatan penguasaan koordinasi
pemahaman telah terpecahkan dan pergerakan masih kasar minsal pada lompat jauh
lama-lama seorang siswa bisa melakukan gerakan pada saat melakukan lompat kaki
tidak pas sedangkan cara yang dilakukan sudah benar
-Pada tahap ini
mengutamakan latihan
-Latihan untuk perbaikan
gerakan sesuai dengan ketentuan
-Latihan berulang-ulang
untuk memperkuat stimulus dan respons
-Pada tahap ini sudah
mulai mampu melakukan gerakan dan menyesuaikan diri dengan gerak yang dilakukan
-Gerakan yang dilakukan
sudah mulai konsisten tetapi masih belum otomatis
c.tahapan otonom
tahap ini dicapai dengan
cara berulang-ulang minsalnya seperti seseorang yang melakukan jalan secara
berulang-ulang gerak inii tidak sama dengan gerakan efesien (gerakan yang
mengeluarkan energi),gerakan salah bisa menjadi gerakan otomatis,seperti leonel
messi yang melakukan akurasi tendangan kearah gawang lawan dengan menendang
asal-asal bisa menjadi gerakan otomatis kearah gawang dan menciptakan gol
(point)
-Pada tahap ini gerakan
yang dilakukan tidak lagi memerlukan konsesntrasi penuh, gerakan yang dilakukan
hampir tidak terpengaruh oleh kegiatan lain yang simultan
-Gerakan dilakukan secara
otomatis
-Untuk mencapai ini
dilakukan latihan secara terus menerus dalam waktu yang lama.
4.faktor yang mempengaruhi hasil belajar motorik
a.faktor internal (dalam)
faktor yang berasal dari
dalam individu yang dapat mempengaruhi hasil belajar meliputi fsikologis
(kondisi fisik) dan motivasi,minat,bakat,kemauan,kecerdasan.
Faktor internal adalah
potensi dasar yang dimiliki seseorang semenjak ia lahir sebagai modal dasar
Sumber Daya Manusia (SDM) . Setiap manusia lahir ke dunia ini telah dilengkapi
oleh Allah SWT . Dengan beberapa potensi dasar sebagai modal dasar SDM untuk
menjalani kehidupan didunia, yaitupotensi spiritual,emosional,intelektual dan
biologis
b.faktor eksternal (luar)
adalah faktor yang asalnya
dari luar diri seseorang atau indvidu. Faktor ini meliputi lingkungan di
sekitar termasuk orang-orang terdekat.
Terkait faktor internal,
umumnya sifat dan sikap yang menimbulkan permasalahan sosial adalah sifat/sikap
seperti malas bekerja, tidak memiliki kepedulian dan empati, tidak mengindahkan
peraturan, mudah menyerah dan lain sebagainya.
Adapun faktor eksternal
yang menjadi pemicu munculnya permasalahan sosial adalah faktor alam, faktor
kependudukan, faktor lokasi, faktor ekonomi, faktor lingkungan, dan juga faktor
sosial.
5.Pemprosesan informasi dalam belajar motorik
a.pemrograman sebagai aksi
dalam respon yang dilakukan dari sistem motorik sebbagai jawaban yang di
munculkan oleh karena itu respon respon mempertimbangkan dalam bentuk stimulus
yang telah didefenisikan pada tahap sebelumnya.
b.identifikasi
stimulus sebagai keptusan merupakan tahap pengindraan yang menganalisis
informasi dari sumber seperti pendengaran,penciuman,sentuhan,pandangan,dan
sebagainya.
c.seleksi respon sebagai
keputusan pada tahap ini respon akan dilakukan terhadap berbagai kemungkinan
respon yang harus diberikan terhadap suatu seleksi respon yang disesuaikan
dengan lingkungan.
1.Contoh
Transfer positif :Kemampuanbermainsepak bola dapatditranferuntukbermainsepakbola,
kemampuanbermaintenislapangandapat di transfer untuklatihanbulutangkis.
2.ContohTranferNegatif
:Kemampuanbermainbolalapanganterjadi transfer negative
apabiladigunakanuntukbelajarsepak bolalapangan.
7.perbedaan gerak dan motorik
a.gerak adalah perubahan tempat(posisi)atau
kedudukan dari suatu tempat awalnya ,dikatakan seseorang itu bergerakjika
berpindah dari titik awalnya bergerak,sedangkan
b.motorik adalah proses yang terjadi pada tubuh
manusia dari proses pengendalian kondisi fisik sesorang yang dipengaruhi oleh
faktor fisiologi dan faktor fsikis untuk mendapatkan suatu gerak yang baik.
Perbedaanantaragerakdanmotorikterlepakpadafungsinya.Motorikbergunasebagaipengerak
yang terletak di dalamtubuhmanusia.
8.Menurut saya umpan balik sangat penting dalam proses
belajar mengajar motorik karena Melaluiumpanbalik,
seorangsiswadapatmengetahuisejauhmanabahan yang telah di
ajarkandapatdikuasainya. Denganumpanbalikitu pula
siswadapatmengoreksikemampuandirisendiri,Seperti:
-Siswaterangsanguntuklebihgiatbelajarkarenapekerjaannyadihargai
-Setelahsiswamendapaat
saran ataukomentar,
parasiswapahamakankekuranganpadapekerjaannyadansegeraberkeinginanmemperbaikinya
9.Dengan adanya umpan balik seorang guru mampu mengetahui pengetahuan hasil
dan pengetahuan perfoma seorang siswa sejauh mana kemampuan siswa dalam
pelajaran yang telah di ajarkan oleh guru sersebut.contohnya :
a.
padasaat guru
memberikanhasiltugasnyakepadasiswamakaotomatissiswatersebutakantermotivasi /
penasarandenganjawabannya yang salahmakadarisitulahsiswaakanterusbelajardanbelajar.
b. Guru segeradapatmelihatkekuranganperencanaan program
danpelaksanaanpembelajarandirinyadanberusahameningkatkankemampuannya.
10.contoh umpan balik sifat korektif dan penguatan.
a.contoh umpan balik yang sifatnya
korektif adalah seorang guru memberikan
koreksi terhadap tugas siswa yang mengerjakan tugas tidak sesuai dengan yang di
harapkan kemudian sang guru mengoreksi tugas siswa tersebut agar sesuai dengan
yang di harapkan.
b. umpan balik yang sifatnya penguatan adalah seorang guru mendekat kepada
siswa untuk menyatakan perhatian dan kesenanganya terhadap tingkah laku,
pekerjan, dan penampilan siswa ,guru
berjalan menuju ke arah siswa caranya dengan berdiri atau duduk di sampingnya
agar mental siswa itu tidak down.
11.drill dalam olahraga
Dril merupakansuatucaramengajardenganmemberikanlatihan-latihanterhadapapa
yang telahdipelajarisiswasehinggamemperolehsuatuketerampilantertentu. Kata
latihanmengandungartibahwasesuatuituselaludiulang-ulang,
akantetapibagaimanapunjugaantarasituasibelajar yang pertamadengansituasibelajar
yang realistis, iaakanberusahamelatihketerampilannya
Tujuannya:
Metode Drill biasanya digunakan untuk tujuan agar
siswa :
-Memiliki kemampuan motoris/gerak, seperti
menghafalakan kata-kata, menulis, mempergunakan alat.
-Mengembangkan kecakapan intelek, seperti
mengalikan, membagi, menjumlahkan.
-Memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu
keadaan dengan yang lain.
12.Menurut saya semakin sering seorang atlet itu
berlatih maka akan mendapatkan tahap otonom(otomatis) contohnnya seperti pemain
sepak bola dunia leo messi yang menedang bolake arah gawang dengan tendangan
tidak terarah kemudian menjadi gerakan/tendangan otonom yang menghasilkan gol ,Semakinseringatletituberlatih / mengulang – ulanggerakanmakaotomatisketerampilangerakanatletitusemakinsempurna.
13.Yangsayaketahuitentangteori Gestalt
adalahanakdipandangsuatukeseluruhan, yaknisuatuorganisme yang dinamis, yang
senantiadalamkeadaanberinteraksidenganduniasekitarnyauntukmencapaitujuan –
tujuannya. ( siswa )merupakanmakhluk yang aktifbukanpasif.
14.Apa yang di maksud
dengan :
a.Keterampilan adalah suatu kemampuan untuk
mengunakan akal, fikiran, ide dan kereatifitas dalam mengerjakan, mengubah
maupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah
nilai dari hasil pekerjaan tersebut.
b.Keterampilanmotorikadalahkemampuanseseoranguntukmelakukangerakanberkoordinasimengunakankombinasiberbagaitindakanotot.
c.Gerakdasar fundamental adalahgerakan – gerakandasar yang
berkembangnyaterjadisejalandenganpertumbuhantubuhdantingkatkematanganpadaanak –
anak.
d. Kemampuanmotorikadalahsebangaikapasitasdariseseorang yang
berkaitandenganpelaksanaandanperangansuatuketerampilan yang
relatifmelekatsetelahmasakanak – kanak.
e.Keterampilanmotoriktertutup ( closed skills )
adalahdilakukandalamkondisilingkungan yang tidakberubah – ubah.
Contohnyasepertiketerampilan – keterampilan yang menjadi cirri
olahragabowling,golf, panahan, senamataurenang.
Keterampilanmotorikterbuka( opened skills ) adalahdilakukandalamkondisilingkungan
yang berubah – ubahdansulitdiperediksi. Contohnyapukulan – pukulanpada stroke
tenisataupukulanpada softball yang kedatanganbolanyadarilawanseringtidak bias
didugasebelumnya, baikdalamhalkecepatanmaupundalamhalarahnya.
Komentar
Posting Komentar