Langsung ke konten utama

PENGERTIAN T.P OLAHRAGA HOCKEY


PENGERTIAN OLAHRAGA HOCKEY (HOKI)
Hoki adalah olahraga yang dilakukan oleh dua tim, satu sama lain mencoba untuk memukul bola atau keping ke gawang lawan menggunakan tongkat hoki (stick).Olahraga permainan ini dilakukan oleh pria dan wanita, bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola.
 Hockey adalah olahraga yang sangat memerlukan komponen kondisi fisik seperti yang dikatakan oleh Cadman. Sebagai contoh pada saat bermain dalam waktu 35 menit x 2 lari dalam posisi membawa stick dan kuda-kuda (hockey style) pemain dituntut dalam keadaan baik pada kondisi fisiknya dan juga psikologinya.
Hockey yang termasuk olahraga tim dimana setiap tim terdiri dari 11 orang yang saling bekerjasama untuk bisa menjadi yang terbaik. Dalam permainan hockey untuk mencetak gol teknik yang digunakan adalah push, hit, dan flick.Teknik dasar push dan dribble sering digunakan dan sangat baik untuk mengumpan bola pada kawan
Menurut Rozi (2008: 29) teknik push digunakan mencapai 49,09%, hit 33,42%, tepping 17,49 % pada permainan hockey field.Hoki adalah olahraga yang dilakukan oleh dua tim, satu sama lain mencoba untuk memukul bola atau keping ke gawang lawan menggunakan tongkat hoki / alat pemukul (stick).



Jenis permainan hoki sendiri dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
        1.          Hoki lapangan (field hockey)
        2.          Hoki ruangan (indoor hockey)
        3.          Hoki es (ice hockey)

1. Hoki lapangan adalah permainan hoki yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia.
Pada hockey lapangan pemain yang bermain berjumlah 11 pemain termasuk 1 orang penjaga gawang dari ke-2 tim. 
Berikut ini rincian ukuran lapangan hoki (Hockey field) menurut ukuran resmi dari Hockey Federation International (FIH):
v  Luas lapangan: 91,4 m × 55 m (100,0 yd × 60.1 yd).
v  Ukuran gawang:  tinggi 2.14 m (7 ft) dan lebar 3,66 m (12 kaki).
v  Jalur di lapangan: 22,90 m (25 yd) dari setiap akhir-line (umumnya disebut sebagai garis 23 meter atau garis 25 yard) dan di tengah lapangan. 
v  Titik penalti atau tanda stroke Area memiliki ukuran diameter 0,15 m (6 in), ditempatkan dengan titik tengah 6.40 m (7 yd) dari pusat gawang.
v  Lingkaran penembakan adalah 15 m (16 yd) dari garis dasar.



A. Indoor hockey (Hockey dalam ruangan yang dimainkan oleh 6 orang, termasuk penjaga gawang dari 2 tim. Ukuran lapangan indoor hockey separuh dari field hockey. Dan lapangannya terbuat dari ubin atau beton yang dilapisi dengan ubin)
Hoki indoor berbeda dengan hoki outdoor, lapangan hoki indoor terbilang lebih kecil dari pada hoki outdoor dengan lebar 18 – 22m dan panjang 36 – 44m.Gawang berukuran tinggi 2m dan lebar 3m.Pemain hoki berjumlah 6 orang, 5 orang pemain dan 1 orang penjaga gawang.Waktu permainan dibagi menjadi 2×15menit.Namun juga ada yang 2x20menit.
B. Hoki es adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas es. Bentuk permainan hampir sama dengan sepak bola. Pemain mengenakan sepatu skating sehingga dapat bergerak dengan cepat di atas permukaan es. Bola hoki es disebut puck berbentuk cakram dari karet. Stik hoki digunakan untuk memukul atau mengoper bola di permukaan es.
            Skor dicetak dengan memasukkan bola ke dalam jaring; penjaga gawang berusaha mencegah masuknya bola. Ketika diturunkan bertanding, satu regu terdiri dari enam pemain; jumlah anggota dalam satu regu lebih dari 20 orang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA HOCKEY

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA HOCKEY A. Peraturan Permainan Hockey Olahraga Hoki adalah permainan yang dipertandingkan oleh 2 (dua) regu, yang terdiri atas 11 orang dari masing-masing regu. Peraturan Umum dari permainan Hoki adalah sebagai berikut : Seorang pemain dilarang untuk : v   Mengangkat stick di atas pundaknya bilamana dapat membahayakan. v   Melakukan permainan yang dapat membahayakan. v   Memukul bola ke udara. v   Menendang atau menahan bola dengan kaki (kecuali penjaga gawang sesuai peraturan). v   Memukul, menggigit atau menahan stick lawan v   Menghalangi lawan dengan badan atau stick, mendorong, menahan atau menjatuhkan serta menyandung lawannya. Seorang pemain diperbolehkan untuk : ü   Menahan bola dengan tangan (sesuai peraturan yang berlaku), sepanjang bola tersebut jatuh dengan segera, jadi bukan menangkap bola melainkan menahan bola dengan telapan tangan yang terbuka. ü   Di dalam D (Striking circle) hanya penjaga gawang di

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) PENDIDIKAN JASMANI SEMESTER 3 UNSYIAH

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan Rahmat dan karunia – Nya sehingga penulis dapat merampungkan makalah bertajuk “ Strategi Belajar Mengajar” yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “Strategi Pembelajaran”. Adapun maksud dan tujuan pembuatan dari makalah ini, untuk membantu para mahasiswa, khususnya yang sedang belajar Strategi Pembelajaranguna memahami definisi keberhasilan sebuah pembelajaran dalam berbagai indikator, penilaian, tingkat, dan program perbaikan sebuah strategi, serta mengetahui berbagai macam faktor yang memepengaruhi proses belajar mengajar. Sebagai penulis, kami menyadari bahwa tidak ada kesempurnaan dalam segala hal, termasuk makalah ini. Atas dasar tersebut penulis sangat menerima kritik dan saran membangun untuk perbaikan makalah ini kedepannya bila diperlukan. Ucapan terimakasih secara khusus penulis haturkan kepada tim penulis, yang telah bekerja sama dalam proses pembuatan makalah ini, d