Langsung ke konten utama

PRAKTEK TEKNIK TAPPING DAN TACKLING DALAM BENTUK PERMAINAN PADA OLAHRAGA HOCKEY


PRAKTEK TEKNIK TAPPING DAN TACKLING DALAM BENTUK PERMAINAN PADA OLAHRAGA HOCKEY
A. Teknik Tapping
Tapping merupakan teknik dasar pada olahraga hockey yang mana merupakan teknik mengumpan seperti teknik push. Namun pada teknik ini terdapat point contact antara bola dengan stick, jadi terdapat ayunan dalam melakukannya. Berbeda dengan teknik push yang mana bola denga stick menempel kemudian memberikan dorongan.
Unsur gerakan pada teknik dasar tapping :
a)      Awalan
b)      Ayunan
c)      Perkenaan bola
d)     Dorongan
e)      Gerak lanjutan / follows through
Sebelum memberikan teknik ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain yaitu posisi sikap badan ( style Hockey ), pegangan ( grip ) yang benar.Agar dalam pelaksanaannya dapat memudahkan dalam melakukan teknik tapping ini.
B. Teknik Tackling
Tackling alias merebut bola merupakan teknik selanjutnya di mana cara ini adalah cara mengambil bola yang sedang dikuasai oleh lawan. Tackling dalam permainan hoki akan sangat menguntungkan bagi sebuah tim karena lawan bisa dibuat kesulitan atau bahkan mati kutu sehingga tidak mampu memperoleh skor atau poin.
Pada saat tackling dilakukan tepat sasaran, maka otomatis kita akan dapat menurunkan risiko pihak lawan memperoleh  poin. Hal ini seperti ketika bermain sepak bola atau bola basket di mana bola yang kita rebut dapat kita ambil, ini menjadi keuntungan tim kita dan sekaligus menghambat tim lawan untuk melakukan serangan terhadap tim kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA OLAHRAGA HOCKEY

PERATURAN DAN PENGENALAN SARANA PRASARANA HOCKEY A. Peraturan Permainan Hockey Olahraga Hoki adalah permainan yang dipertandingkan oleh 2 (dua) regu, yang terdiri atas 11 orang dari masing-masing regu. Peraturan Umum dari permainan Hoki adalah sebagai berikut : Seorang pemain dilarang untuk : v   Mengangkat stick di atas pundaknya bilamana dapat membahayakan. v   Melakukan permainan yang dapat membahayakan. v   Memukul bola ke udara. v   Menendang atau menahan bola dengan kaki (kecuali penjaga gawang sesuai peraturan). v   Memukul, menggigit atau menahan stick lawan v   Menghalangi lawan dengan badan atau stick, mendorong, menahan atau menjatuhkan serta menyandung lawannya. Seorang pemain diperbolehkan untuk : ü   Menahan bola dengan tangan (sesuai peraturan yang berlaku), sepanjang bola tersebut jatuh dengan segera, jadi bukan menangkap bola melainkan menahan bola dengan telapan tangan yang terbuka. ü   Di dalam D (Striking circle) hanya penjaga gawang di

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) PENDIDIKAN JASMANI SEMESTER 3 UNSYIAH

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan Rahmat dan karunia – Nya sehingga penulis dapat merampungkan makalah bertajuk “ Strategi Belajar Mengajar” yang dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “Strategi Pembelajaran”. Adapun maksud dan tujuan pembuatan dari makalah ini, untuk membantu para mahasiswa, khususnya yang sedang belajar Strategi Pembelajaranguna memahami definisi keberhasilan sebuah pembelajaran dalam berbagai indikator, penilaian, tingkat, dan program perbaikan sebuah strategi, serta mengetahui berbagai macam faktor yang memepengaruhi proses belajar mengajar. Sebagai penulis, kami menyadari bahwa tidak ada kesempurnaan dalam segala hal, termasuk makalah ini. Atas dasar tersebut penulis sangat menerima kritik dan saran membangun untuk perbaikan makalah ini kedepannya bila diperlukan. Ucapan terimakasih secara khusus penulis haturkan kepada tim penulis, yang telah bekerja sama dalam proses pembuatan makalah ini, d